Jun
14
2012

Ore no gakuen – 俺 の 学園

Well, saya rasa siapapun terutama civitas akademika UGM yang melihat gambar diatas langsung paham. Yak Fakultas Teknik UGM… fakultas terbesar… di universitas (ter)besar… pokoknya besar lah.. hahaa…

Sepengetahuan saya ada filosofi tersendiri mengapa bentuk tugu teknik seperti itu. Kerangka kubus serta kubus2 kecil di ujung-ujungnya itu melambangkan jumlah jurusan yang ada di fakultas teknik. So FT UGM ga akan pernah nambah jurusan.. yang ada paling di jurusan itu buka program studi. Selain karena lahan yang sudah tidak tersedia untuk membangun gedung baru, ga ada tempat juga buat naro kubus baru di tugu teknik.. .masa’ jadi 9…? hahaha… Terus… hmm kalo yang ini masih ga yakin, tiga kaki dibawahnya itu menggambarkan tri dharma perguruan tinggi… hm.. masih g yakin tapi… tapi semoga bener…

Next, ga jauh dari tugu ada satu satunya lapangan yang dipunya fakultas… namanya Lapangan SATUB. Kenapa namanya gitu? Karena itu dulu awalnya yang bangun bareng2 sama alumni MAPALA nya teknik… namanya SATU Bumi = Solidaritas Teknik Untuk Bumi… so, jadilah namanya begitu… Udah beberapa kali di renovasi memang, dan sekarang alhamdulillah jadi semakin bagus… Fungsinya? pokoknya karena ini satu satunya lapangan yang “resmi” jadi ya.. lapangan multi fungsi.. haha… Dari sekedar main basket, bola, bulu tangkis, panjat tebing, dan sebagainya. Eh oya, sejak tahun ini tiap hari minggu jam 6 pagi ada senam aerobik rutin dari fakultas. Dulunya senam cuma buat pengurus fakultas aja, dan tempatnya bukan disini. Cuma karena udah direnov akhirnya sekarang dipindah ke sini dan terbuka buat umum.

Nah kalo yang ini sebenernya Kantor Pusat Fakultas, tempat tinggal (?) sang dekan beserta pengurus pengurus fakultas dan lainnya. Intinya buat urusan2 sama fakultas. But karena arsitekturnya anak UGM juga, bagian bawah dari gedung dibuat jadi plaza yang terbuka. Jadi kita mahasiswa bebas berkegiatan mulai dari sekedar duduk – duduk, rapat, ngerjain tugas, ngadain acara, bahkan sampe latihan Judo juga lho… Inilah salah satu spot yang paling oke dan paling rame buat ngapa-ngapain.. kecuali buat tidur kali yak? padahal kalo lagi ada angin.. wuuh.. rasanya pengen langsung tidur. hahaha. Eh ini rahasia ya, denger denger sih yang desain gedung ini sudah mempertimbangkan bakal kuat nahan gempa loh… jadi ga usah khawatir kalo tiba2 ada gempa lagi… wallahu a’lam sih… tapi berdoa aja semoga emang bener 😀

Err… ga banyak yang saya tahu, soalnya termasuk mahasiswa yang jarang ke perpus 😛 hehe… yang jelas baru, baru tahun ini perpustakaan selesai di renovasi. Dengan fasilitas yang lebih up-date, sekaligus ruangannya jadi lebih nyaman. Cuma ya.. masalahnya satu sih. Yang danain renov perpus itu Djarum Foundation. Anak anak BEM juga sempet bersikap, bisa bisanya ada ‘company’ rokok yang masuk kampus. Hm… tapi sudah ada tanggapan positif bahkan sampe universitas. tapi ya… masih kecewa aja, logo djarum foundation masih ada di depan pintu masuk perpus..

Biarpun gak terlalu jadi spot pilihan buat ngumpul ngumpul karena kalo terik jadi kepanasan, dan kalo ujan habislah sudah… tapi taman ini juga sering dipake buat kegiatan kegiatan yang butuh tempat terbuka. Asik sih sebenernya… bikin ngumpul2 gitu, di tengah, dikelilingi pepohonan.. haha… eh, biasanya juga dipake buat latihan thifan lho… saya dan beberapa temen temen fakultas biasanya latihan di malam hari, diatas jam 8 sampe jam 10.

Hmm… salah satu “pit stop” buat seluruh civitas akademika fakultas. Terhitung baru sih memang… sejak 2009 baru ada. Sebenernya sih desainnya oke, ada taneman2 gitu, terbuka juga, makannannya juga enak enak. But untuk ukuran mahasiswa, masih terhitung rada mahal, dan agak menyesal dengan desain atapnya, yang justru kalo hujan, bocor di mana mana. Dipinggir kena ujan, di tengah bocor.. lengkap sudah. 🙁 padahal yang desain anak arsi UGM juga. Nah kantin ini memang buka dari jam 8 – jam 4. Tapi setelah itu ada pak kadi sang penjual angkringan fakultas teknik yang siap melayani mahasiswa mahasiswa yang masih kelaperan sampe malem. Dulu sih tempatnya pak kadi ga disini tapi di deket jurusan teknik sipil, dan semenjak ada penertiban PKL dari rektorat, akhirnya pak kadi g boleh jualan di kampus lagi. Cuma akhirnya dari dept. Advokasi BEM sama KMTS (HMJ teknik Sipil) sama sama meng-advokasi pak kadi supaya tetep bisa jualan di sini. Dan alhamdulillah fakultas membolehkan pak kadi berjualan tapi dibatasi jamnya.

Nah, ini… Mushola Teknologi, tempat dimana civitas akademika teknik ugm beristirahat di sela sela kesibukannya. Alhamdulillah semakin kesini semakin bagus pengelolaannya. Mulai dari kebersihan, sampai keindahan taman di sekitarnya. Nah kalo disini baru bisa deh tidur – tiduran, karena tempatnya bisa sedikit tertutup, baik yang di lantai 1 maupun lantai 2, dan tetep sejuk dengan angin + hijaunya tanaman tanaman di sekitar mustek. Selain itu acara acara dari Keluarga Muslim Teknik juga sering diadain disini. Alhamdulillah juga adzan 5 waktu masih bisa selalu berkumandang dari mustek, karena biasanya anak2 yang nginep di kampus inget sholat, eh maksudnya karena ada yang nginep jadi subuh pun ada yang sholat disini.

Akhirnya sampe juga di ‘rumah aktipis mahasiswa’. Sekretariat KMFT UGM. Mulai dari BEM sampe BSO KMFT UGM tempatnya disini. Kecuali buat BSO kerohaniaan (Keluarga muslim teknik, sekrenya deket mustek). Di bagian atas ada 2 bangunan terpisah. Yang didepan sekre BEM nya, yang rada kedalem itu MPM. Nah kalo di jalan ke bawah itu ada sekre 3 BSO. LPKTA (Lembaga Penelitian dan Kajian Teknik Aplikatif) FIAGRA (Club Film Anak Grafika) [plis jangan mikir macem macem ya…], dan yang terakhir SATUB. Buat saya sih sekre BEM itu jadi tempat paling enak buat ngapa-ngapain, mulai dari sekedar ngobrol, ngerjain tugas, sampe tidur siang, bahkan sampe tidur malem juga. Biarpun udah lumayan berumur di kampus, tapi tetep bisa deket sama angkatan yang lebih muda. Ya… begitulah BEM teknik… karena kita KELUARGA… FYI ini salah satu tempat yang selalu ‘On’ 24 jam… err.. mungkin kecuali jam 7-9 pagi karena biasanya pada kuliah pagi, or yang pada nginep waktunya pulang sebelum kuliah siangnya 😀

Ohnya, satu lagi terakhir, ini yang kadang bikin anak teknik ngedumel, yang bikin musti buru buru pulang kalo udah jam 10 malem…. Gerbang teknik (asal namain :p). Sedetik saja anda terlambat keluar, maka siap siap anda akan terjebak di kampus sampe pagi. hohoho…

Tapi tenang aja, bapak2 SKK kampus baik kok, selalu diingetin kalo udah malem. Tapi biasa juga sih anak teknik ngelembur sampe malem, ga pulang. Tidur juga paling di sekre, entah di bem, jurusan, dimana kek, mandi juga di kampus juga (beberapa kamar mandi di sini termasuk yang ‘layak’ untuk mandi), bahkan bisa jadi kosan cuma buat naro barang, selebih itu hidupnya di kampus.. hahaha… (dasar anak teknik…)

Masih banyak sih sebenernya spot yang belum sempat terrekam, coba deh, kapan kapan dibikin tulisan penjelajahan di masing masing jurusan, kan ini baru nyeritain fakultas aja… hehe…


Written by Gilang Adhitya in: Uncategorized |

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker