Oct
07
2011

Hasil bacaan: “Supermuslimah”

Bulan agustus kemarin seorang teman saya sibuk mempromosikan buku yang baru saja diterbitkan oleh Gamais Press, karena tertarik saya mencoba membelikan untuk kakak saya. Hingga suatu hari beliau sang penulis meminta tolong secara langsung untuk membantu mempromosikan buku tersebut di kampus saya. Saya menyanggupinya, namun berhubung saya belum pernah membacanya, saya putuskan untuk membaca terlebih dahulu.

Supermuslimah, itulah judul buku yang ditulis oleh Ratna Nataliani. Sekalipun dari judul saja sudah mudah ditebak kepada siapa buku ini ditujukan [segmen pasar], namun saya tidak segan untuk membacanya karena dari penulis sendiri sudah menjamin buku ini juga dapat dibaca baik oleh akwat maupun ikhwan. Penggunaan bahasa yang ringan sengaja dilakukan mahasiswi Teknik Fisika ITB ’08 ini karena target dari buku ini sendiri memang anak muda yang seumur, sehingga kesan kaku dan terlalu menggurui tidak terasa dari buku ini. Alhasil sebuah visi besar, yang tertuang dalam materi yang mengena, taktis + praktis + nyatis [nyata abis :D] serta kesimpulan tiap akhir bab mampu dipahami dengan ringan dan santai, bahkan tak jarang ratna menuliskan ‘joke’ ringan ala anak muda masa kini. Ini yang membuat pembaca merasa seperti sedang berbincang langsung dengan penulis dan benar – benar terlibat dalam tiap bahasan.

Dari materi sendiri, ratna mengemasnya dengan cukup apik. Diawali oleh Bab 1 yang membahas Hakekat wanita, Wanita dalam Islam, dan segala potensi yang dimiliki oleh seorang wanita, membantu pembaca untuk mengenali diri lebih dalam agar mampu mempersiapkan diri untuk menyerap materi di bab – bab selanjutnya. Kemudian diteruskan pada Bab 2 dimana pembaca diajak untuk merangkai mimpi – mimpi, merancang visi – misi, membangun rencana hidup , serta bagaimana membangun keyakinan akan semua rencana itu. Mulai Bab ke 3, pembaca akan terpicu untuk melakukan aksi atas rencana – rencana yang telah dibangun sebelumnya. Bagaimana karakter, aktualisasi diri, dan jaringan mampu membuat visi – misi yang dirancang itu bisa terwujud. Kemudian pada Bab 4, dijelaskan bagaimana mengelola aksi aksi itu dalam hidup sehingga bisa tertata, dan tidak kehilangan arah. Bagaimana agar mampu mengelola fisik, hati maupun waktu semua tertuang dalam bab ini. Bab ke 5 membantu pembaca agar semua yang telah disampaikan di bab – bab sebelumnya mampu dilakukan secara Istiqamah, dengan bantuan lingkungan yang mendukung. Menjaga diri dengan amanah, kerja kerja jama’ah, serta menebarkan itu semua dalam sebuah dakwah. Buku ini diakhiri dengan kisah dari 3 wanita yang menginspirasi, yang bisa dijadikan teladan untuk mampu menjadi seorang SuperMuslimah sejati.

Buku ini cocok dibaca dari para pemudi yang sedang mencari jati diri seorang muslimah sejati, hingga seorang muslimah yang ingin menjadi lebih Super lagi, sehingga nantinya mampu memiliki mimpi – visi –


Written by Gilang Adhitya in: Intisari Buku |

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker